Menghitung ROI dengan ERP: Contoh Perhitungan Pengembalian Investasi

Hans Hermawan

Saat ini, banyak perusahaan di Indonesia yang beralih menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk mengelola operasi bisnis mereka. Salah satu pertanyaan umum yang muncul adalah bagaimana menghitung Return on Investment (ROI) dari investasi dalam sistem ERP. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci bagaimana menghitung ROI dengan ERP dan memberikan contoh perhitungan pengembalian investasi yang nyata.

Apa Itu ROI?

Sebelum kita memahami bagaimana menghitung ROI dengan ERP, penting untuk memahami apa itu ROI. ROI adalah ukuran yang digunakan untuk mengevaluasi efisiensi atau profitabilitas dari suatu investasi. Dalam konteks ERP, ROI mengacu pada seberapa efektif investasi dalam sistem ERP dalam meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Langkah-langkah Menghitung ROI dengan ERP

1. Identifikasi Manfaat

Langkah pertama dalam menghitung ROI dengan ERP adalah mengidentifikasi manfaat yang diharapkan dari implementasi sistem tersebut. Manfaat ini dapat berupa peningkatan efisiensi operasional, pengurangan biaya produksi, peningkatan kualitas produk atau layanan, dan lain sebagainya.

2. Estimasi Biaya

Setelah mengidentifikasi manfaat, langkah berikutnya adalah mengevaluasi biaya yang terkait dengan implementasi ERP. Biaya ini meliputi biaya perangkat lunak, biaya implementasi, biaya pelatihan karyawan, dan biaya pemeliharaan sistem.

READ  Tren Masa Depan ERP Manufaktur dan Pemanfaatan AI

3. Hitung Pengembalian Bersih

Setelah memiliki perkiraan manfaat dan biaya, langkah selanjutnya adalah menghitung pengembalian bersih dari investasi ERP. Pengembalian bersih dapat dihitung dengan mengurangi biaya dari manfaat yang diharapkan.

Menghitung ROI dengan ERP

Contoh Perhitungan Pengembalian Investasi dengan ERP

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, mari kita lihat contoh perhitungan pengembalian investasi dengan ERP.

Studi Kasus: PT. Maju Jaya Abadi

PT. Maju Jaya Abadi adalah perusahaan manufaktur yang memutuskan untuk mengimplementasikan sistem ERP untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka. Mereka mengharapkan bahwa investasi dalam ERP akan mengurangi waktu produksi, mempercepat proses pengiriman, dan mengurangi biaya inventaris.

Manfaat yang Diidentifikasi:

  1. Penurunan waktu produksi sebesar 20%.
  2. Pengurangan biaya inventaris sebesar 15%.
  3. Peningkatan kecepatan pengiriman sebesar 30%.

Estimasi Biaya:

  1. Biaya perangkat lunak: Rp 200.000.000.
  2. Biaya implementasi: Rp 100.000.000.
  3. Biaya pelatihan karyawan: Rp 50.000.000.
  4. Biaya pemeliharaan tahunan: Rp 30.000.000.

Perhitungan Pengembalian Bersih:

  1. Total manfaat:
    • Penurunan waktu produksi: Rp 500.000.000 per tahun.
    • Pengurangan biaya inventaris: Rp 300.000.000 per tahun.
    • Peningkatan kecepatan pengiriman: Rp 700.000.000 per tahun. Total manfaat: Rp 1.500.000.000 per tahun.
  2. Total biaya:
    • Biaya perangkat lunak: Rp 200.000.000.
    • Biaya implementasi: Rp 100.000.000.
    • Biaya pelatihan karyawan: Rp 50.000.000.
    • Biaya pemeliharaan tahunan: Rp 30.000.000. Total biaya: Rp 380.000.000.
  3. Pengembalian Bersih: Total manfaat – Total biaya = Rp 1.500.000.000 – Rp 380.000.000 = Rp 1.120.000.000.
READ  Praktik Terbaik Meningkatkan Kualitas ERP Manufaktur

Kesimpulan

Dalam bisnis, penting untuk dapat mengukur efektivitas investasi. Menghitung ROI dengan ERP merupakan langkah krusial dalam mengevaluasi apakah investasi dalam sistem ERP telah memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Dengan mengidentifikasi manfaat, mengevaluasi biaya, dan menghitung pengembalian bersih, pemilik bisnis dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengalokasikan sumber daya mereka.

Dengan menggunakan contoh perhitungan pengembalian investasi di atas, perusahaan dapat melihat betapa besar potensi ROI dari implementasi ERP. Dengan memiliki pemahaman yang jelas tentang ROI, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan berorientasi pada hasil dalam pengelolaan bisnis mereka.

Implementasi ERP dapat membawa manfaat yang signifikan bagi perusahaan, namun, penting untuk memilih vendor ERP yang tepat. Monitor ERP adalah salah satu solusi ERP terkemuka yang dapat membantu perusahaan di Indonesia mencapai tujuan mereka. Dengan fitur-fitur yang canggih dan dukungan yang kuat, Monitor ERP adalah pilihan yang tepat untuk perusahaan yang ingin mengoptimalkan operasi mereka dan meningkatkan ROI mereka.

Open chat
1
PT Merdeka Technologies Indonesia
Selamat datang di PT Merdeka Technologies Indonesia. Penyedia Monitor ERP System for manufacturing. Ada yang bisa kami bantu?